Jumat, 14 Oktober 2011

KOMPONEN - KOMPONEN CPU







Fungsi dari Casing CPU


  1. Melindungi pelbagai komponen di dalamnya dari debu, panas, air, atau kotoran lainnya pada saat bekerja
  2. Casing juga begitu penting kerana hampir semua perkakasan seperti motherboard, CD-ROM drive,DVD-ROM , hard disk, dan floppy drive menggunakan casing ini sebagai tempat perlindungan di slot-slot tersendiri di setiap ruang casing yang tersedia.
  3. Exhaust fan yang berfungsi sebagai pendingin ruang juga menggunakan casing sebagai tempat beroperasi mengawal suhu dalam CPU.
  4. Casing PC yang juga amat penting adalah sebagai tempat terletaknya lampu-lampu serta slot-slot yang terdapat di bahagian casing
  5. Casing juga mempunyai tugas penting iaitu sebagai “kediaman” power supply yang memberikan tenaga buat semua komponen.





Motherboard atau mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-
komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam
sistem motherboard. Pada Motherboard juga terdapat socket untuk processor, slot-
slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, Sound
Card, Internal Modem, dan lain-lain.

B.FUNGSI MOTHERBOARD
Secara umum, motherboard mempunyai fungsi berikut ini :
* Organisasi, mengatur dan menentukan alat ( peripheral ) yang bisa dipasang pada
   komputer
* Kontrol, di dalam motherboard terdapat chipset dan program BIOS yang berfungsi
   mengatur data komponen komputer lain
* Komunikasi, hampir semua komunikasi harus melalui motherboard 






DVD-RW adalah cakram optik yang dapat ditulis kembali dan memiliki kapasitas sama dengan DVD-R, biasanya 4,7 GB. Format ini dikembangkan oleh Pioneer pada November 1999 dan telah disetujui oleh DVD Forum. Tidak seperti DVD-RAM, DVD-RW dapat dimainkan di sekitar 75% DVD player biasa.

  • FUNGSI DVD-RW

DVD-RW Drive menggunakan sinar laser merah untuk menulis informasi dari komputer ke merekam discs, baik DVD-R discs, yang tidak dapat dihapus, atau DVD -RW discs, yang dapat terhapus dan tercatat sekitar 1000 kali


floppy disk adalah sebuah perangkat penyimpanan komputer portabel yang melihat masa kejayaannya pada 1990-an. Kemampuan untuk mengangkut file dari komputer ke komputer adalah sebuah konsep baru untuk konsumen dan karena itu terbukti populer. Dalam tahun-tahun terakhir, bagaimanapun, floppy disk telah menyebabkan kekurangan itu harus digantikan oleh teknologi yang lebih canggih, dan floppy disk adalah mengenai cara untuk menjadi sebuah peninggalan.


Fungsi

Fungsi dari sebuah floppy disk untuk menyimpan jumlah yang relatif kecil dari data komputer, tidak lebih dari 1. 44MB, pada kecil, portable drive. Alam yang portable memungkinkan pengguna untuk menyimpan file dari satu komputer ke floppy drive dan kemudian mengakses file yang sama pada komputer yang berbeda, bersama dengan manfaat untuk dapat memperbarui dan mengubah mereka jika perlu. Untuk alasan ini, mereka sangat bermanfaat ketika itu datang ke sekolah dan tempat kerja presentasi, misalnya.









PENGERTIAN HARDISK

Harddisk merupakan media penyimpan yang didesain untuk dapat digunakan menyimpan data dalam kapasitas yang besar. Hal ini dilatar belakangi adanya program aplikasi yang tidak memungkinkan berada dalam 1 disket dan juga membutuhkan media penyimpan berkas yang besar misalnya database suatu instansi.

FUNGSI HARDISK

Fungsi utamanya sebagai media penyimpanan atau storage data secara permanen.
Hard disk menyimpan bermacam-macam informasi, salah satunya informasi
mengenai hardware yang ada di dalam PC tersebut, lalu OS itu sendiri. Hard disk
merupakan salah satu komponen yang menentukan kinerja PC. Semakin cepat hard
disk bekerja, semakin cepat pula transfer yang dihasilkan.





Funghsi utama dari pendingin CPU adalah menjaga agar CPU tetap dalam suhu yang masih dapat ditolerir oleh CPU tersebut. Tetapi fungsi itu dapat terganggu oleh debu yang menempel pada baling-baling kipas pendingin CPU. Debu tersebut sedikit demi sedikit akan mengurangi kinerja kipas pendingin tersebut karena semakin banyak debu yang menempel maka akan semakin berat putaran pada kipas pendingin. Oleh karena itu diperlukan perawatan secara rutin untuk membersihkan debu yang menempel pada kipas pendingin CPU.

 

 
PENGERTIAN PROCESSOR

Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang
didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol
keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau
otak dari komputer

FUNGSI PROCESSOR

Fungsinya adalah memproses semua informasi dari input komputer yaitu mouse,
keyboard, dll yang diproses menjadi bahasa mesin yang hanya bisa dimengerti oleh
komputer sendiri semacam translator gampangnya.
Karena fungsinya begitu besar, memilih prosesor dalam membangun suatu sistem
sangat penting. 






 fungsi power supply

 berfungsi untuk menukarkan jenis kuasa elektrik dari soket dinding (arus ulang alik) kepada jenis yang diguna pakai oleh litar-litar di dalam komputer (arus terus).






IDE (Integrated Drive Electronics)
Sebuah tipe hardware interface yang berfungsi untuk menghubungkan hard disk, CD-ROM dan drive tape pada sebuah PC. IDE sangat populer dan banyak digunakan karena menyediakan cara yang terhitung ekonomis untuk menghubungkan komponen-komponen hardware.













RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.




PCI
PCI (kepanjangan dari bahasa Inggris: Peripheral Component Interconnect) adalah bus yang didesain untuk menangani beberapa perangkat keras. Standar bus PCI ini dikembangkan oleh konsorsium PCI Special Interest Group yang dibentuk oleh Intel Corporation dan beberapa perusahaan lainnya, pada tahun 1992. Tujuan dibentuknya bus ini adalah untuk menggantikan Bus ISA/EISA yang sebelumnya digunakan dalam komputer IBM PC atau kompatibelnya.


LGA 1156
LGA kependekan dari Land Grid Array, Tidak seperti prosesor tipe PGA, prosesor tipe LGA tidak memiliki pin sama sekali, tetapi memiliki tempat landasan untuk sentuhan atau koneksi dengan pin-pin berupa tonjolan-tonjolan yang ada pada soket di motherboard. Ini adalah teknologi baru untuk processor core i3,i5,dan i7.


Pengertian VGA

VGA singkatan dari Video Graphics Accelerator, berfungsi untuk mengolah data graphis dan ditampilkan di layar monitor, VGA juga memiliki processor yang dinamakan GPU(Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory juga.
Jaman sekarang motherboard yang beredar dipasaran banayk yang menggunakan VGA onboard sehingga Anda tidak perlu membeli VGA card lagi, hal ini sangat membantu untuk menghemat biaya pengeluaran.







Port adalah mekanisme yang mengizinkan sebuah komputer untuk mendukung beberapa sesi koneksi dengan komputer lainnya dan program di dalam jaringan. Port dapat mengidentifikasikan aplikasi dan layanan yang menggunakan koneksi di dalam jaringan TCP/IP. Sehingga, port juga mengidentifikasikan sebuah proses tertentu di mana sebuah server dapat memberikan sebuah layanan kepada klien atau bagaimana sebuah klien dapat mengakses sebuah layanan yang ada dalam server





CPU adalah singkatan dari Central Processing Unit. CPU pada dasarnya adalah otak komputer anda. Tugasnya adalah untuk memproses arahan yang terdapat dalam program komputer. Kelajuan mikropemproses di PC diukur dalam megahertz (MHz) atau gigahertz (GHz).
JenisPara pengeluar utama CPU untuk komputer peribadi adalah Intel dan Advanced Micro Devices (AMD). prosesor Intel Celeron termasuk murah dan dasar dan Pentium lebih popular. atas Intel dari prosesor Core baris, yang datang di Duo, Quad dan versi Extreme. cip dasar adalah AMD Sempron. Athlon dibandingkan dengan Intel Pentium dalam hal kelajuan dan prestasi. Phenom adalah atas AMD garis prosesor untuk komputer desktop.FungsiSebuah cip mikropemproses adalah sepotong kecil silikon yang mengandungi ribuan, ratusan ribu atau bahkan jutaan transistor kecil. Kebanyakan cip mempunyai unit aritmatika atau logik yang dapat melakukan perhitungan matematik. Unit kawalan memuat Arahan dari RAM komputer untuk diproses.. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar